Mix Media, Phosphor on Canvas | 180 x 180 cm

Hari ini, jika Anda tidak selfie Anda bukan siapa-siapa. Orang-orang tidak lagi merasa menjadi dirinya sendiri kecuali mereka berbagi sebuah pemikiran atau perasaan, meskipun sebenarnya pemikiran atau perasaan itu juga belum jelas untuk mereka.  Jika dulu seorang filsuf Prancis ternama Descartes mengatakan ‘I think, therefore I am’, orang zaman sekarang karena begitu hobinya berbagi apapun di situs jejaring sosial dan internet, mengubah ungkapan tersebut menjadi ‘I share, therefore I am.’ Selfie membuat orang-orang jadi mengesampingkan apapun yang tengah terjadi di sekitar kita karena yang terpenting adalah bagaimana agar momen tidak hilang dan didokumentasikan. Tapi juga dapat melahirkan adanya kesadaran seseorang untuk eksplorasi diri dan berbagi dengan dunia di sekitarnya.  Mereka menyadari bahwa mereka tidak sendiri, sehingga orang akan membagikan ‘sisi lain’ dari dirinya. Orang akan ‘menjaga’ agar setiap momen yang dilewati tidak hilang begitu saja.

 

Detail Karya

 

Foto Robert Cornelius pada tahun 1839 diyakini sebagai foto selfie pertama di dunia. Saat ini foto tersebut ditempatkan di Library of Congress, Washington. Namun saat ini penggemar situs jejaring sosial Instagram setahun belakangan pasti akrab dengan hashtag bertuliskan selfie. Mulai dari orang biasa hingga selebriti ternama, presiden, pejabat tinggi juga politikus, semua ‘latah’ berfoto selfie. Begitu populernya selfie sampai-sampai Kamus Bahasa Inggris Oxford menobatkan kata tersebut sebagai kata yang paling banyak dicari pada November 2013.

Kita seolah menjadi seseorang yang istimewa layaknya seorang Miss World sebagai manusia sempurna yang sarat kriteria. Meski hanya dalam bingkai foto digital. Narcissus serasa masih hidup dan berjuang bersama-sama dengan kita, dalam diri kita, di social media. Narcissus sedang menikmati diri dengan dirinya sendiri, ia sedang masturbasi, gairah mematikan bagi citra mereka untuk tidak berbagi dengan orang lain, jika tidak menjadi sia-sia, hilang dalam sosialitas.

No comments yet.

Leave a Comment

All fields are required. Your email address will not be published.