The Sign #2 | Digital Print, Acrylic on Canvas | 200x200cm | 2007

The Sign Series (2007)

Karya ini merupakan distorsi halus atas logo sebagai sebuah tanda. Dalam semiotika, tanda merupakan kesatuan bentuk signifier (penanda) dengan ide. Logo pelbagai merek dunia ini telah bertahan lama dalam imajinasi setiap orang yang telah mengenalnya. Tetapi karya ini bukan untuk menafsirkan “struktur dalam” setiap logo itu.

Tetapi menantang indera mata untuk mengetahui apakah akan terjebak dalam logo baku atau dalam reflek cepat akan segera mengetahui, ada distorsi didalamnya. Terkadang pilihan kedua itulah yang muncul dalam indera bawah sadar. Hal ini muncul karena kesadaran nalar terkadang tertutup dengan pencintraan baku yang selama terus menerus diproduksi. Dan inilah yang menyebabkan manusia/orang terjebak dalam kuatnya tanda dalam sebuah logo.

Dua belas karya The sign menjadi media penyadaran bahwa dunia telah terjebak dalam realitas kapitalis yang sangat parah. Tersadari atau tidak, keterjebakan ini diam-diam telah melumpuhkan kesadaran manusia. Merenggut mereka dari daya kritis sehingga munculnya distorsi sehalus apapun tak akan mengubah pandangan terhadap dunia kapital. Bagaimanapun citra yang kuat dari sebuah logo mencerminkan dunia kapital modern yang mencengkeram kuat indera.

Lalu kesadaran menjadi tereduksi dan manusia terjebak dalam jalinan kapital-kapital global. Dan, sekali lagi, saat distorsi terjadi, sekian waktu yang terbuang untuk kembali mendapatkan kesadaran, sesungguhnya berharga sangat mahal. Disitulah terlihat bagaimana kekuatan sesungguhnya ikon, indeks, juga simbol dalam tanda (sign) dunia kapital global.

No comments yet.

Leave a Comment

All fields are required. Your email address will not be published.